AV-Banda Aceh: Petugas Bea Cukai Banda Aceh baru-baru ini menghadang puluhan penyelundup gula asal Pulau Weh, Sabang di Pelabuhan Ule Lheu, Banda Aceh. Penyelundupan gula berbaur bersama penumpang kapal merupakan modus baru untuk mengelabui petugas.

Petugas juga terlibat tarik menarik dengan beberapa pembawa gula yang baru saja turun dari kapal penyeberangan KMP BRR. Selain menggunakan sepeda motor, gula asal Thailand ini juga dipanggul oleh sejumlah kaum wanita.

Petugas Bea Cukai meminta warga yang membawa gula untuk kembali ke kapal dan tidak mengizinkannya gula dibawa keluar dari pelabuhan.

Kepala Sub Seksi Penyuluhan dan Layanan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Banda Aceh, Rahmat Arief mengatakan, pencegahan dilakukan karena gula dari Sabang tidak boleh dipasok ke daratan Aceh. Gula tersebut hanya boleh diperjualbelikan dan dikonsumsi di kawasan Sabang saja.

Hingga kini belum ada aturan yang mengizinkan gula dari kawasan pelabuhan dan perdagangan bebas Sabang masuk ke Banda Aceh. (Mulyadi/Fadel Batubara)